Dokumentasi Gerhana Matahari Sebagian oleh HMP Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya

Dokumentasi Gerhana Matahari Sebagian
HMP Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya
______





Surabaya, 24 juni 2020, El-Falaky - Halo sobat falak, tahukah kalian? pada hari Minggu, 21 juni 2020 kemarin, telah terjadi Fenomena alam yang langka nan berharga khususnya bagi pecinta Astronomi di Dunia, yakni titik balik matahari dan Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang hanya dapat dilihat di beberapa wilayah di Dunia khususnya di Indonesia yang mengalami Gerhana Matahari sebagian, dan fenomena gerhana tersebut telah berhasil di dokumentasi oleh salah satu Mahasiswa Ilmu Falak UINSA.
Berikut adalah beberapa hasil dokumentasi fenomena Gerhana Matahari tersebut :



1. Matahari sebelum gerhana




2. Matahari saat gerhana




3.  Matahari sebelum dan sesudah gerhana




4. Simulasi Gerhana lokasi Malang 
 Koordinat 7° 56' 52"LS 112° 36' 14"BT





5.Persiapan Pra-gerhana dan kalibrasi teleskop.


Alhamdulillah Pengamatan kemarin telah berhasil ter-dokumentasi meskipun awalnya sempat terjadi sedikit kendala teknis. Fenomena Gerhana Matahari hanya dapat di Amati di Beberapa Daerah di Permukaan Bumi yang tampak Lingkaran Matahari tertutup oleh Bulan, disebabkan Matahari Bulan dan Bumi berada pada Garis Lurus Bujur Astronomi.

Serta dalam Hadist Nabi Muhammad SAW dijelaskan bahwa Gerhana Matahari ialah Fenomena Alam yg diciptakan Oleh Allah SWT. Adapun Hadist tersebut :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044)

Gerhana yang juga bertepatan dengan Fenomena summer Solstice "Titik Balik Utara Matahari" pada tiap 21 Juni 2020, dibeberapa tempat (Tiongkok Bagian Selatan serta Daerah yang dilintasi Matahari diatasnya Hingga Gerhana Usai) mendapati Gerhana Matahari Cincin semakin Jauh dari Pusat Gerhana Cincin maka akan semakin mengecil pula Tampak Gerhana yang bisa di Amati.

Pada posisi tempat pengamat di Kota Malang (Koordinat 7° 56' 52"LS 112° 36' 14"BT) hanya dpt mengamati Gerhana Selama 18 Menit (15:12 - 15:30 WIB) Magnitude 0,062% dengan menggunakan Alat Inventaris Lab Falak FSH UINSA Surabaya dengan Device: iOptron Az Mount Pro + SvBonny 60mm f/4 + ZWO ASI 120MC-S + Filter Beader nd5 Gerhana bisa teramati dan ter-dokumentasikan.
Oleh:
Muhammad Akbarul Humam 
(Mahasiswa Ilmu Falak UINSA)
Mentoring by :
Aditya Abdillah Yusuf. S.Si 
(Unit Pelaksana Teknis Obsevatorium Astronomi ITERA Lampung)
Bapak Novi Sopwan. M.Si. 
(Dosen Ilmu Falak UINSA, Alumni Astronomi ITB).

Semoga Bermanfaat
______





Departement KOMINFO HMP Ilmu Falak UINSA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertamu di Ruang Sejarah Prodi Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya

Bulletin Astronomi dan Ilmu Falak "AZIMUTH" Mahasiswa Ilmu Falak UINSA edisi ke- 4

Gerhana Bulan Total 08 November 2022